Pengertian IMS (Infeksi Menular Seksual) Dan Akibat Yang ditimbulkan

Secara epidemiologis, terdapat kaitan erat antara penyebaran IMS dengan penularan HIV. Infeksi menular seksual, baik dengan perlukaan maupun tanpa perlukaan terbukti meningkatkan resiko penularan HIV melalui hubungan seksual sebanyak 3-5 kali.

Diperkirakan IMS dengan luka dapat meningkatkan resiko infeksi HIV menjadi 300 kali lipat pada paparan yang tidak terlindungi. Di negara berkembang, 3-5 % wanita usia subur terdiagnosis sifilis, sekitar 30% ibu hamil dengan sifilis akan melahirkan bayi.

Apa itu Infeksi Menular Seksual?

Infeksi Menular Seksual (IMS) adalah
penyakit infeksi yang salah satu penularannya melalui hubungan seksual dengan pasangan yang sudah tertular. Hubungan seks ini termasuk hubungan seks lewat vagina, anus maupun mulut (oral).

IMS dikenal juga sebagai sebutan penyakit kotor atau penyakit kelamin. Namun itu hanya menunjuk pada penyakit yang ada di alat kelamin. Istilah Infeksi Menular Seksual lebih luas maknanya karena menunjukkan cara penularannya. Tanda-tandanya tidak selalu ada di alat kelamin, tetapi bisa di mata, otak, mulut, hati dan bagian tubuh lainnya. Contoh : HIV dan Hepatitis B yang menular lewat hubungan seks, tetapi penyakitnya tidak terlihat di alat kelamin. Artinya orang terssebut tampak sehat meskipun orangnya membawa bibit penyakit.

Akibat Yang Ditimbulkan IMS?
  • Jika tidak segera diobati hingga sembuh, IMS dapat membuat kita sakit-sakitan. Infeksi yang terjadi bukan hanya pada alat kelamin, tetapi bisa menjalar ke seluruh tubuh.
  • IMS juga sangat memudahkan kita tertular HIV karena virus dapat menular melalui duh (cairan) tubuh serta melalui darah dari luka yang ditimbulkan IMS.
  • Pada wanita, IMS seringkali menyebabkan rasa nyeri di perut bagian bawah atau infeksi saluran reproduksi dan radang panggul.
  • IMS juga banyak menyebabkan kanker rahim atau terjadinya kehamilan di luar kandungan.
  • Pada wanita hamil dapat menyebabkan bayi lahir terlalu dini, memiliki cacat bawaan, lahir terlalu kecil atau juga terinfeksi IMS.
  • Pada pria, IMS seringkali menyebabkan kanker penis dan menyerang prostat.
  • Beberapa jenis IMS bersifat kambuhan dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa atau rasa sakit terus menerus.
  • Baik pada pria maupun wanita, IMS dapat menyebabkan kemandulan dan kematian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar