Cara Untuk Berhenti Merokok

Anda dapat memilih 3 cara yang ditawarkan untuk berhenti merokok yaitu berhenti seketika, menunda dan mengurangi. Hal yang paling utama adalah niat dan tekad yang bulat untuk melaksanakan cara tersebut.
  • Berhenti seketika : Cara ini merupakan upaya yang paling berhasil. Anda yang perokok berat mungkin perlu bantuan tenaga medis untuk mengatasi efek ketagihan karena rokok mengandung zat Adiktif
  • Menunda : Anda dapat menunda mengisap rokok pertama 2 jam setiap hari dari hari sebelumnya dan selama 7 hari berturut-turut
Sebagai contoh : anda biasanya merokok setiap hari pada pukul 07.00 pagi maka pada :

hari 1  :  pukul 09.00
hari 2  :  pukul 11.00
hari 3  :  pukul 13.00
hari 4  :  pukul 15.00
hari 5  :  pukul 17.00
hari 6  :  pukul 19.00
hari 7  :  pukul 21.00
  • Mengurangi : Jumlah rokok yang diisap setiap hari dikurangi secara berangsur-angsur dengan jumlah yang sama sampai 0 batang pada hari ke-7 atau hari yang ditetapkan.
Misalnya dalam sehari anda menghabiskan 28 batang rokok maka anda dapat merencanakan pengurangan jumlah rokok selama 7 hari dengan jumlah pengurangan  sebanyak 4 batang perhari. Sebagai contoh:
hari 1  :  24 batang
hari 2  :  20 batang
hari 3  :  16 batang
hari 4  :  12 batang
hari 5  :    8 batang
hari 6  :    4 batang 
hari 7  :    0 batang

JIKA MENGALAMI HAL-HAL YANG TIDAK NYAMAN SEPERTI :
  • Ingin sekali merokok lagi : Alihkan perhatian anda dengan memikirkan hal-hal yang merugikan diri sendiri karena bahaya rokok, minum air putih yang banyak, tarik napas panjang dan dalam beberapa kali.
  • Gelisah, pusing, sulit konsentrasi, tidak bersemangat : Lakukan aktivitas fisik di udara terbuka, menarik napas panjang dan dalam yang dilakukan beberapa kali, memijit garis tengah puncak kepala selama 30 kali.
  • Berat badan meningkat dan sering merasa lapar : Lakukanlah diet dan olah raga.
  • Ingin merokok setelah makan : Segera berdiri dan melakukan kegiatan lainnya.
  • Minum kopi sambil merokok : Ganti kopi dengan minuman lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar